GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

6 Tren Bisnis Kopi, Peluang Sukses Jadi Semakin Lebar

6 Tren Bisnis Kopi, Peluang Sukses Jadi Semakin Lebar – Bisnis kopi sepertinya belum menunjukkan tanda-tanda akan surut. Justru semakin banyak bermunculan variasi dari tren bisnis yang satu ini sekarang.

Hal ini jadi salah satu bukti kalau bisnis minuman kopi kekinian memiliki peluang yang bagus bagi Anda yang berencana mulai merintis usaha sendiri. 

Alih-alih hadir dengan formula kedai kopi konvensional yang sudah sering dijumpai, bagaimana kalau Anda mencoba beberapa inovasi bisnis kopi yang baru? Waktunya untuk memberikan layanan dan produk kopi terbaru dengan mengikuti beberapa tren bisnis kopi berikut ini. 

6 Tren Bisnis Kopi, Peluang Sukses Jadi Semakin Lebar

barista di kedai kopi - bisnis kopi
Sumber: Azhar Khairi/Unsplash.com

1. Menu kopi dengan alternatif yang sehat 

Kopi tidak melulu dipadukan dengan susu. Anda juga bisa memadukan kopi dengan rempah-rempah sehat lainnya, lho. Banyak juga yang memadukan konsep kopi dengan jamu tradisional.

Contohnya yang lagi viral adalah kopi dengan kunyit atau jahe. Nah, tren ini semakin populer di masa pandemi karena semakin banyak orang sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. 

Baca juga: Buka Franchise Kopi Kekinian? Berikut 10 Ide Menunya

Perpaduan yang tak biasa ini harus lulus beberapa tahap uji coba dahulu, ya. Tujuannya untuk menyesuaikan cita rasa dan memeriksa kembali khasiatnya bagi tubuh.

Tidak hanya kedua bahan di atas, bahan lain seperti jamur, teh hijau, hingga ginseng juga bisa digunakan. Selain bisa menambah daya tarik usaha, Anda juga bisa menawarkan minuman yang lebih bermanfaat.

2. Layanan untuk berlangganan bubuk kopi 

Tren berlangganan bubuk kopi sebenarnya sudah cukup lumrah dilakukan di beberapa negara maju. Apalagi di Indonesia, cukup banyak konsumen yang sudah punya alat pembuat kopi sendiri di rumah dan ingin menyantap kopi nikmat tanpa harus pergi ke kafe.

Ini pun momentum tepat bagi bisnis kopi untuk memperluas variasi produk mereka.

Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan menawarkan konsumen untuk membeli rangkaian bubuk kopi racikan sendiri dengan cita rasa seperti menu kopi di kafe. Beberapa kedai kopi lokal seperti Tanamera dan SMITH Coffee sudah menawarkan pembelian bubuk kopi via online

3. Menu kopi kalengan 

Citra minuman kaleng sudah sangat identik dengan minuman soda. Jadi, saat kopi dikemas di dalam kaleng, tentu akan menarik lebih banyak perhatian konsumen untuk mencobanya.

Selain lebih menarik dari segi kemasan dan tampilan, sebenarnya ada tujuan lain dibalik mengemas kopi ke dalam kaleng, yakni agar kopi bisa tahan lebih lama.

Baca juga: 4 Tips Penting Memilih Kursus Barista untuk Usaha Kedai Kopi

Dengan metode ini, bisnis kopi rintisan Anda bisa merambah pasar online. Kopi kalengan tetap aman dikirim melalui ekspedisi, jadi Anda bisa melayani konsumen di luar kota. Jangan lupa juga untuk mencantumkan tanggal kedaluwarsa untuk menjaga kualitas cita rasa kopi kalengan, ya.

4. Bisnis kopi dengan interior kedai yang nyaman

Anda pasti sudah sering menjumpai beberapa kedai kopi yang tidak hanya menawarkan kopi enak, tetapi juga menyajikan interior yang nyaman. Pengalaman ngopi di tempat yang bagus, nyaman, dan unik bisa jadi nilai tambah untuk bisnis kopi Anda sendiri.

Mulai dari ruang yang tanpa sekat dan lebih terbuka hingga interior yang penuh aksesoris vintage.

Baca juga: 9 Tips Mudah Usaha Warung Kopi

Anda juga dapat memilih tema atau sentuhan tertentu pada desain interior kedai kopi yang hendak dibuat. Pilih sesuatu yang dekat dengan Anda. Bisa jadi hobi, musik kesukaan, buku favorit, dan masih banyak lagi.

Mau sentuhan yang klasik, modern, atau tradisional pun terserah Anda. Selama konsumen merasa nyaman saat menikmati kopi tentunya ini akan menguntungkan bagi Anda.

5. Menerima pembayaran nontunai dengan banyak promo

Tren bisnis kopi lainnya adalah pelayanan yang cepat dan ramah. Banyak sekali kedai kopi yang walau tampilannya seperti kedai kopi tradisional, ternyata pelayanannya benar-benar modern.

Anda dipersilakan membuat pesanan dengan menggunakan gadget, hingga melakukan pembayaran nontunai dengan berbagai tawaran voucher dan promosi lainnya.

Ini sebenarnya adalah tren pemasaran yang cukup populer digunakan oleh pemilik kedai kopi. Tujuannya untuk terus memfasilitasi pembeli sembari meningkatkan penjualan bisnis.

Banyaknya promosi serta kemudahan pemesanan baik di tempat maupun pesan antar  memungkinkan lebih banyak konsumen untuk menjadi pelanggan tetap.

6. Pilihan pesan antar secara online 

Terakhir, memulai bisnis kopi rasanya tidak lengkap kalau tanpa layanan pesan antar online. Terutama bagi konsumen yang lagi tidak bisa singgah ke kedai kopi pilihan. Layanan pesan antar jelas akan jadi solusi yang baik untuk konsumen juga pengusaha kedai kopi.

Bisnis kopi Anda bisa tetap lancar beroperasi dengan cara daftar GoFood. Persyaratan dan caranya mudah, tidak butuh waktu lama dan bisnis kopi pun siap melayani pesanan yang datang. Anda juga bisa memasang informasi promo di sana untuk menarik lebih banyak konsumen.

Tertarik untuk daftar GoFood agar bisnis kopi Anda mampu menjangkau lebih banyak pelanggan?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya