GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Rekomendasi Bisnis Franchise Murah yang Laku di 2022

Ada banyak pilihan bisnis franchise murah untuk Anda kembangkan. Franchise merupakan jenis usaha yang sering ditemui di Indonesia, umumnya pada bidang makanan. Bisnis yang memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang ini menggunakan nama, merek dagang, produk, hingga bahan dari bisnis yang sudah ada. Jika tertarik membuka bisnis franchise, Anda perlu membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek franchise.

Setelah membayar biaya awal, barulah Anda bisa memakai merek dagang, logo, sistem bisnis franchise, hingga hak untuk menjual produk. Anda juga akan memperoleh dukungan dari pemilik franchise sehingga jenis bisnis ini cenderung lebih aman. Hanya saja, biaya awal yang besar mungkin menjadi hambatan. Sebagai solusi, Anda bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi bisnis franchise murah yang pasti laku pada 2022 berikut ini!

Baca juga: Apa Itu Franchise & 4 Tips Sukses Menjalankannya

Rekomendasi Bisnis Franchise Murah

1. Martabak

Sebagai salah satu jajanan yang paling digemari masyarakat Indonesia, martabak bisa menjadi salah satu bisnis franchise murah yang layak dipertimbangkan. Ada banyak, kok, pilihannya, salah satunya Martabak Orins.

Bisnis martabak yang didirikan pada pertengahan tahun 2010 ini terkenal sebagai martabak paling enak di seluruh Jakarta, lho. Untuk menjadi mitra, Anda perlu menyiapkan modal franchise sebesar Rp75 juta dengan prospek keuntungan Rp60 juta setiap bulannya. Jadi, meskipun modalnya cukup besar, Anda bisa balik modal dalam jangka waktu 6-12 bulan.

2. Fried Chicken

Fried chicken merupakan salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan karena penikmatnya tak pernah surut. Memulai bisnis franchise murah ini mengharuskan Anda menyiapkan modal mulai dari sekitar Rp20 juta, tergantung pada paket yang Anda pilih. Salah satu franchise fried chicken yang bisa Anda pertimbangkan adalah Sabana Fried Chicken.

Mencoba peruntungan dengan memulai franchise Sabana sangat menarik karena dijamin usaha Anda tidak akan sepi pembeli. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa membuka franchise murah ini di lokasi dekat lingkungan kampus atau lokasi ramai lainnya. Murah dan enak membuat fried chicken selalu digandrungi. Anda bahkan bisa memperoleh keuntungan mencapai Rp20 juta dalam waktu satu bulan, lho!

Baca juga: 30+ Bisnis Franchise Makanan Terlaris dan Mudah

3. Bisnis Franchise Murah Bakso

Hampir seluruh orang Indonesia menyukai bakso, jadi membuka bisnis franchise murah ini bisa jadi sangat menguntungkan. Dengan bisnis franchise, Anda tidak perlu repot membangun bisnis dari awal. Nah, salah satu franchise bakso yang layak Anda coba adalah Bakso Benhil. Merek dagang ini sudah mempunyai sekitar 72 mitra, serta terbukti kualitasnya karena sudah mendapatkan berbagai penghargaan seperti Top Kuliner Indonesia 2015 dan Franchise Startup Awards 2018.

Jika Anda ingin melakukan kemitraan, caranya gampang. Modal yang dibutuhkan juga terjangkau, yaitu sebesar Rp4 juta, sudah termasuk memperoleh produk sekitar 500 hingga 600 porsi. Semakin ringan karena Anda bahkan tidak perlu membayar biaya franchise atau biaya royalty. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjalankan bisnis ini karena Anda akan mendapatkan bimbingan saat menjalankan franchise Bakso Benhil.

4. Camilan dan makanan ringan

Sekarang, camilan dan makanan ringan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Agar menjamin keuntungan, Anda bisa coba sistem bisnis kemitraan yang dijalankan dengan membayar sejumlah uang untuk modal awal. Tanpa perlu menyiapkan banyak hal, Anda bisa langsung menjalankan bisnis.

Salah satu bisnis franchise murah untuk camilan dan makanan ringan adalah Pentol Planet. Besaran modal awal bervariasi, mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp15 juta dengan waktu balik modal lumayan cepat, hanya butuh waktu sekitar tiga bulan saja.

Baca juga: Buka Franchise Kopi Kekinian? Berikut 10 Ide Menunya!

5. Kopi 

bisnis franchise murah

Menurut Data International Coffee Organization (ICO), tren konsumsi kopi domestik di tanah air terus mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir (2014-2019). Tidak mengherankan jika bisnis kuliner kopi semakin diminati, termasuk franchise kopi. Semakin naik daun, terutama lewat varian kopi susu kekinian, bisnis franchise murah ini menjadi salah satu yang layak Anda coba.

Ada banyak, lho, pilihan franchise kopi yang bisa Anda pilih, seperti Arah Kopi dan Cappucino Cincau Tempo Doeloe. Arah Kopi adalah salah satu franchise coffee shop yang terjangkau karena tidak menerapkan franchise fee. Artinya, Anda tidak perlu membayar biaya lisensi untuk membuka outlet baru. Selain itu, jika ingin mulai franchise Cappucino Cincau Tempo Doeloe, modalnya juga tidak besar, kok. Tergantung paket usaha yang Anda pilih, budget bervariasi mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp11,6 juta.


Itulah informasi mengenai apa itu franchise dan beberapa rekomendasi bisnis franchise murah yang layak Anda pertimbangkan. Agar nantinya bisnis franchise lebih mudah dijalankan, jangan lupa menggunakan perangkat kasir GoBiz PLUS untuk memudahkan transaksi pembayaran.

Tidak hanya bisa menerima berbagai metode pembayaran, GoBiz PLUS juga dapat mencatat setiap transaksi secara otomatis sehingga lebih praktis. Pasang perangkat kasir GoBiz PLUS untuk bisnis franchise Anda sekarang juga!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

#JAGOAturCuan dengan Buka Rekening Jago Lewat GoBiz & Dapatkan Rewards Menarik!

Kabar gembira! Bagi Anda yang ingin mengelola keuangan dengan lebih baik dan selengkapnya

Benarkah Pembayaran QRIS Tingkatkan Penjualan? Ini Rahasianya

Memanfaatkan pembayaran QRIS untuk bisnis akan membuat transaksi jadi lebih praktis. QRIS selengkapnya