GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Tips dan Triks agar Belanja Bahan Baku Online Aman

Tips dan Triks agar Belanja Bahan Baku Online Aman – Kesehatan Anda merupakan prioritas utama kami. Kami pun memahami kekhawatiran Anda berada di tengah keramaian saat harus berbelanja bahan baku, karena itu kami hadir untuk membantu Anda belanja #dirumahaja lewat GoFresh*.

GoFresh adalah layanan marketplace Gojek yang menghubungkan Mitra Usaha Gojek dengan supplier bahan baku segar dan makanan berkualitas untuk memudahkan Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari usaha Anda. Berbagai macam bahan baku dapat Anda pesan dan langsung diantar ke lokasi yang Anda inginkan.

Sebelum adanya GoFresh, belanja bahan baku online pastinya merupakan suatu hal yang menimbulkan keresahan karena beberapa faktor berikut ini.

Baca juga: GoFresh, Belanja Bahan Baku Mudah, Murah, Terpercaya

Tantangan Belanja Bahan Baku Online Sebelum Adanya GoFresh

1. Harga tidak transparan

Ketika belanja, Anda harus menawar harga produk untuk mendapatkan harga terbaik. Jika tidak menawar, bisa saja Anda mendapatkan harga yang terlalu mahal untuk produk yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan lebih terjangkau.

2. Memakan waktu dan tenaga

Kemacetan, susahnya cari parkir, dan waktu perjalanan dari rumah menuju tempat belanja merupakan beberapa faktor yang sudah terlihat untuk mengkonsumsi waktu Anda. Belum lagi Anda harus menyiapkan beberapa kantong belanja untuk membawa semua produk yang Anda beli.

3. Kesulitan mencatat pengeluaran

Berbelanja di banyak tempat mengharuskan Anda untuk membawa catatan ke mana-mana dan pastinya hal ini merupakan tantangan tersendiri. Apalagi Anda harus berusaha untuk mengingat semua daftar belanja Anda, agar tidak ada yang terlewat.


Setelah mengetahui berbagai tantangan yang Anda hadapi ketika harus belanja bahan baku online, simak informasi ini agar Anda dapat mengetahui tips dan triks saat memilih supplier bahan baku.

Tips Memilih Supplier Bahan Baku Online

1. Selektif terhadap supplier yang ada

Mengapa? Karena banyak platform marketplace yang sifatnya sangat bebas sehingga siapa saja bisa menjadi seller. Jika Anda memilih supplier yang tidak tepat, bisa saja Anda mendapatkan harga murah, tetapi belum tentu kualitasnya terjamin.

2. Perhatikan jangka waktu pemesanan

Karena pada umumnya, platform marketplace memberikan kebebasan bagi seller untuk melakukan konfirmasi pesanan 1×24 jam, dan mengirimkan pesanan dalam 1-3 hari sejak pembayaran sehingga ketika Anda sudah membayar, bisa saja pesanan Anda tidak langsung diproses dan Anda harus sabar menunggu lebih lama.

Baca juga: 9 Tips Memilih Supplier untuk Usaha Resto Anda

Namun, kini dengan adanya GoFresh, Anda tidak perlu merasakan kesulitan di atas karena Anda dapat merasakan kemudahan dengan berbelanja di GoFresh. Layanan yang dapat diakses langsung dari halaman ‘Lainnya’ pada aplikasi GoBiz usaha Anda sehingga Anda bisa mendapatkan bahan baku online yang berkualitas  dengan belanja #dirumahaja bersama GoFresh, dan usaha Anda pun tetap dapat beroperasi untuk memenuhi kebutuhan semua pelanggan!


5 Keuntungan Belanja Bahan Baku Online di GoFresh

1. Aman 

Belanja bahan baku online menjadi alternatif utama khususnya di masa pandemi. Bersama GoFresh, Anda dapat memesan bahan baku untuk usaha tanpa harus berada di keramaian tempat. Kesehatan diri, keluarga, dan karyawan usaha Anda pun pasti makin terjaga! 

2. Hemat 

Dengan membeli bahan baku online, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi atau parkir. Selain itu, dengan belanja bahan baku di GoFresh, Anda akan mendapatkan harga bersaing dan transparan, yang berbeda saat Anda berbelanja di pasar karena masih harus melakukan tawar-menawar untuk mendapatkan harga terbaik. 

3. Cepat

Cukup dengan buka halaman Lainnya pada aplikasi GoBiz, klik, klik, klik layar ponsel, Anda sudah berhasil mendapatkan bahan baku untuk penuhi kebutuhan pelanggan usaha Anda secara cepat, mudah, dan anti ribet! Coba bandingkan dengan saat Anda harus berada di kemacetan saat belanja di luar. 

4. Praktis

Bersama GoFresh, belanja bahan baku online menjadi sangat praktis karena produk diantar langsung ke usaha Anda sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mengangkat barang, apalagi jika pembelian dalam jumlah besar. 

5. Variatif

Cari produk yang Anda butuhkan dengan cepat dan beragam hanya dengan mengetik nama produk yang dicari dan akan muncul pilihan produk yang sesuai.

Selain itu, Anda juga bisa memilih beragam metode pembayaran, sesuai dengan keinginan Anda, seperti bank transfer dari berbagai bank di Indonesia.

GoFresh juga menyediakan metode Cash on Delivery (COD) atau bayar di tempat yang menghilangkan kekhawatiran Anda menerima barang tidak sesuai pesanan karena dengan COD, Anda akan membayar ketika barang sudah diterima dan sesuai pesanan. 


Cara GoFresh Memproses Pesanan Anda

1. Seleksi dan proses onboarding supplier terpercaya 

Tidak semua supplier bahan makanan bisa langsung menjual produknya di GoFresh karena GoFresh akan melakukan seleksi dan hanya memproses supplier terpercaya untuk memastikan kualitas produk bahan makanan yang terbaik untuk Anda.

2. Pesanan diproses secara otomatis

Semua pesanan via aplikasi GoBiz akan otomatis diproses oleh pihak GoFresh untuk pengiriman hari berikutnya, jika pesanan dibayar sebelum pukul 15.00 WIB. 

Jika Anda memilih opsi Cash on Delivery atau bayar di tempat, maka pastikan Anda memesan sebelum pukul 15.00 WIB karena pesanan yang dibayar setelahnya akan diproses pada keesokan harinya.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk rutin melakukan pengecekan kesediaan bahan baku dan melakukan pemesanan memesan dan pembayaran sebelum jam 3 sore agar pesanan dapat dikirim di hari itu!

3. Pengecekan kualitas sebelum pengiriman  

Semua pesanan Anda akan melalui pengecekan kualitas oleh tim kami. Kami akan memastikan baik produk segar maupun produk kemasan dalam keadaan baik sebelum diserahkan ke kurir. Dengan demikian, pesanan bahan baku yang Anda terima berada dalam kualitas terbaik untuk digunakan demi memenuhi semua pesanan pelanggan.

 4. Proses konfirmasi saat menerima pesanan

Ketika serah terima barang, pastikan Anda melakukan pengecekan terhadap jumlah dan kualitas barang yang diterima. Tenang saja, kami juga tetap telah memeriksa kualitas pesanan sebelum dikirimkan. 

Demi kenyamanan Anda, mohon periksa kembali kondisi produk yang Anda terima, seperti kondisi telur, kemasan botol kecap, atau susu, karena jika Ada kendala dalam pengiriman, Anda berhak untuk menolak produk dan akan kami tukar dengan yang lebih baik, tanpa ada biaya tambahan.  

5. Layanan optimal untuk pengalaman terbaik

Kenyamanan pengalaman berbelanja dan kualitas produk terbaik merupakan prioritas kami. Oleh karena itu, apabila Anda menemukan permasalahan produk seperti telur busuk, beras/tepung berkutu, Anda dapat menyampaikannya kepada kami maksimum H+2 dari saat pesanan datang agar dapat kami tukarkan dengan produk yang baru dan sesuai.

Anda juga dapat memberikan kritik dan saran untuk layanan GoFresh secara langsung melalui halaman Bantuan GoFresh pada aplikasi GoBiz agar kami dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi.


Dengan berbelanja di GoFresh, Anda tidak perlu khawatir karena kami hanya bekerja sama dengan supplier terpercaya untuk menjamin kualitas produk dan harga yang kompetitif.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pengecekan ketersediaan bahan baku secara rutin dan melakukan pesanan serta pembayaran sebelum pukul 15.00 WIB, dan pesanan akan secara otomatis dikirim di keesokan harinya sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara cepat! Yuk, bergabung dengan lebih dari ribuan Mitra Usaha Gojek yang telah merasakan kemudahan berbelanja bahan baku online di GoFresh melalui aplikasi GoBiz! Mau belanja di GoFresh?

Klik untuk tahu selengkapnya mengenai GoFresh

*) Saat ini layanan GoFresh hanya tersedia untuk Mitra Usaha Gojek di Jadetabek

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya