GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Bagaimana Tingkat Keamanan Aplikasi GoBiz?

SDLC

1. Proses Pengembangan Aplikasi yang Aman

Pengembangan aplikasi GoBiz mengikuti langkah-langkah sistematis dalam siklus pengembangan perangkat lunak. Pada proses ini, tim akan melalui peninjauan secara fungsionalitas, kenyamanan pengguna, dan juga keamanan informasi.

Dalam konteks keamanan informasi, perubahan fitur pada GoBiz akan melewati fase pengujian celah keamanan pada aplikasi terlebih dahulu. Tim Keamanan Informasi akan menguji keamanan fitur tersebut berdasarkan lingkup dan konteks fitur yang diajukan. 

Jika ditemukan adanya celah keamanan, Tim Pengembang akan melakukan perbaikan yang kemudian akan ditinjau kembali oleh Tim Keamanan Informasi demi memastikan aplikasi sudah aman sebelum diluncurkan ke publik.

2. Manajemen Perubahan

Setiap perubahan dalam lingkungan produksi (production environment) terhadap aplikasi GoBiz dan infrastruktur pendukungnya perlu melalui proses peninjauan dan persetujuan terdokumentasi oleh pihak terkait sebelum diimplementasikan. 

Tahapan ini ditujukan untuk menghindari perubahan yang tidak diinginkan serta memastikan dampak dari perubahan yang diajukan sudah dipertimbangkan dengan baik oleh berbagai pihak.


Incident Management

1. Penanganan Kejadian

GoBiz memiliki mekanisme peringatan otomatis dan tim khusus yang bertugas untuk melakukan pemantauan sistem selama 24 jam pernuh dan memberi tanggapan terhadap peringatan (alert). 

Ketika terjadi insiden, Tim Penanggulangan Insiden akan berusaha untuk menyelesaikan insiden dan memperkecil dampak dari insiden tersebut. 

Setelah insiden berhasil diselesaikan, Tim Penanggulangan Insiden akan menyelenggarakan pertemuan post mortem untuk mengevaluasi tindakan penanggulangan insiden dan mendiskusikan penyebab utama dari insiden. Hal ini ditujukan agar insiden yang sama tidak terulang kembali di kemudian hari.


Bug Bounty Program

Keamanan data pengguna merupakan prioritas utama kami. GoBiz berkomitmen untuk membuat platform yang aman untuk seluruh Mitra Usaha dan partner GoBiz.

GoBiz membuka kesempatan kepada peneliti keamanan siber eksternal untuk berkontribusi bersama kami dalam membangun platform yang aman. GoBiz menawarkan bounty atau reward kepada peneliti keamanan siber eksternal ini atas kontribusinya dalam meningkatkan keamanan di GoBiz.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap bagaimana tingkat keamanan aplikasi GoBiz. Kini, Mitra Usaha pun tak perlu khawatir ketika menggunakan layanan ini karena Tim Keamanan GoBiz secara rutin menerapkan langkah-langkah keamanan di atas dan memberikan pengalaman lebih menyenagkan ketika membangun usaha.

Selamat mengembangkan usaha dengan penuh percaya diri, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

Mau Jadi yang Pertama Dapat Informasi Seputar GoBiz? Ke BizTips Aja!

Memanfaatkan teknologi pendukung seperti GoBiz demi kelancaran operasional tentu bisa selengkapnya

Aktifkan Pembayaran Kartu Kredit di GoBiz PLUS dan Nikmati Keuntungannya!

Bisa dibilang, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit di Indonesia cukup menjanjikan selengkapnya