GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Bagaimana Tingkat Keamanan Aplikasi GoBiz?

Penyimpanan Data

1. Enkripsi Data

GoBiz menerapkan enkripsi yang telah sesuai dengan standar industri. GoBiz menggunakan tipe enkripsi hashing bcrypt untuk setiap password yang disimpan di dalam database sehingga tidak dapat dilihat oleh pihak mana pun.

GoBiz juga sudah menerapkan fitur masking, di mana beberapa digit nomor kartu kredit dalam sistem GoBiz akan dihilangkan sehingga pihak mana pun tidak dapat menyalahgunakan data tersebut. Jadi, data-data Anda pun akan tetap aman!

Kemudian, GoBiz juga menerapkan enkripsi ketika mengirimkan data dari satu komponen ke komponen lain dalam sistem infrastruktur GoBiz. Hal ini diterapkan untuk menjaga integritas data yang dikirimkan, juga mencegah kebocoran dan perubahan yang tidak diinginkan.


Perlindungan Privasi Data

Sebelum membagikan data baik kepada Gojek dan afiliasinya, maupun kepada pihak ketiga lainnya, GoBiz melakukan penilaian guna memastikan data yang diberikan hanya untuk tujuan terbatas dan tidak digunakan untuk tujuan lain selain yang diizinkan. 

GoBiz pun memastikan setiap praktik pembagian data menggunakan metode yang aman, ditinjau oleh pemilik data dan disetujui oleh Data Protection Officer (DPO). 

1. Berbagi Data Secara Internal untuk Gojek dan Afiliasinya

Gojek dan afiliasinya, termasuk GoBiz, memiliki izin untuk saling berbagi data yang tertuang pada Perjanjian Berbagi Data Intra Grup dan sudah diatur secara legal oleh Kebijakan Privasi Gojek. Maka berbagi data secara internal dapat dilakukan dengan memastikan keamanan dan sesuai dengan kebutuhan usaha.

2. Berbagi Data kepada Pihak Eksternal 

Sebelum menjalin kerja sama yang mengharuskan GoBiz berbagi data kepada pihak eksternal, GoBiz akan melakukan penilaian guna memastikan pihak eksternal tersebut memiliki kontrol keamanan dan privasi yang baik. Setelah itu,  berbagi data kepada pihak eksternal dapat dilakukan dengan memastikan tidak adanya pelanggaran hukum, peraturan, dan perjanjian yang berlaku.


Komunikasi Internet yang Aman

1. DoS & DDoS Protection

Apa yang dilakukan GoBiz untuk menangkal serangan peretas atau hacker? Untuk memastikan layanan kami aman dari DoS & DDoS (serangan terhadap layanan secara terdistribusi), kami telah menggunakan layanan anti-DDoS & DoS dari Cloudflare agar Mitra Usaha bisa menggunakan layanan GoBiz dengan aman, nyaman, dan tanpa gangguan.

2. TLS

Infrastruktur GoBiz juga memiliki mekanisme untuk melindungi jalur komunikasi menggunakan protokol Transport Layer Security (TLS). TLS akan mengenkripsi data komunikasi antara pengguna dan sistem GoBiz, seperti saat Mitra Usaha menggunakan web browser untuk membuka website GoBiz

Saat ini, versi protokol TLS yang digunakan di infrastruktur GoBiz adalah versi TLS v1.2 yang sudah mendukung metode enkripsi paling mutakhir. Jangan khawatir, kerahasiaan dan keamanan data komunikasi antara pengguna dengan sistem GoBiz pun akan terjamin.

3. WAF

Infrastruktur GoBiz sudah menerapkan WAF (Web Application Firewall) dari Cloudflare. WAF merupakan gatekeeper yang dapat melindungi situs dan web application dari serangan siber seperti cross-site-scripting (XSS), cross-site forgery, SQL injection, DDoS, dan lain-lain.

Sistem WAF akan memantau dan memfilter lalu lintas yang masuk ke web application GoBiz. WAF akan menganalisis dan menerapkan aturan firewall yang dikonfigurasi untuk mengidentifikasi lalu lintas pertukaran data. 

WAF kemudian akan memblokir dan menolak akses jika menemukan lalu lintas mencurigakan atau lalu lintas yang memiliki indikasi sebagai ancaman untuk keamanan GoBiz


Vulnerability Management

1. Regular Security Testing

Tim GoBiz rutin melakukan pemindaian celah keamanan secara eksternal dan internal. Jika ada celah keamanan yang ditemukan oleh vendor software yang kami gunakan, GoBiz akan memindai seluruh infrastruktur yang digunakan.

2. Patch Update

Semua celah keamanan yang ditemukan di infrastruktur GoBiz akan diperbaiki dalam waktu sesingkat mungkin. Setiap celah kemanan akan dinilai berdasarkan tingkat kritis dan dampak yang diberikan terhadap kemanan data. Untuk celah kemanan yang memiliki tingkat kritis paling tinggi akan diperbaiki paling lama dalam waktu 30 hari.


Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

Mau Jadi yang Pertama Dapat Informasi Seputar GoBiz? Ke BizTips Aja!

Memanfaatkan teknologi pendukung seperti GoBiz demi kelancaran operasional tentu bisa selengkapnya

Aktifkan Pembayaran Kartu Kredit di GoBiz PLUS dan Nikmati Keuntungannya!

Bisa dibilang, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit di Indonesia cukup menjanjikan selengkapnya