GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

6 Tips Bagaimana Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik

6 Tips Bagaimana Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik – Saat menjalankan sebuah usaha, faktor penentunya banyak sekali untuk membuat produk terlihat menarik dan meningkatkan penjualan. Dari sekian banyak faktor tersebut, desain kemasan produk menjadi salah satu yang paling diperhatikan.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mendesain kemasan produk agar menarik? Berikut jawabannya untuk Anda.

6 Tips Bagaimana Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik

Bisnis makanan online - Bagaimana Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik

1. Pilih yang sederhana dan tidak terlalu ramai

Bagaimana cara mendesain kemasan produk agar menarik? Tips pertama adalah dengan membuat desain sederhana. Desain yang minimalis ini banyak kelebihannya, lho.

Karena desainnya sederhana, untuk memproduksinya pun tidak begitu sulit. Dengan tingkat kesulitan yang sedikit ini, biasanya biaya produksinya pun tidak terlalu mahal.

Itu dari segi harga. Dari segi visual, desain yang sederhana justru terlihat elegan dan berkelas. Lebih unik dan menarik perhatian. Dengan pilihan warna, ilustrasi, dan jenis huruf yang enak dilihat mata, Anda bisa menghadirkan desain yang tetap terkesan “wah” daripada membuat desain yang terlalu ramai.

Baca juga: 14 Desain Kemasan Makanan Menarik & Aman untuk Delivery

2. Sesuaikan desain dengan target pasar

Saat membuat desain, tentunya ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan. Satu yang paling utama adalah target pasar itu sendiri. Kepada siapa produk ini hendak ditujukan akan menentukan seperti apa Anda akan mengemas produk tersebut.

Mulai dari pemilihan warna, jenis huruf, logo atau gambar, hingga nanti material yang akan digunakan untuk membuat kemasan tersebut.

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Brand Exposure Usaha Anda

Contoh target pasar perempuan misalnya, Anda bisa menghadirkan desain kemasan yang terasa lebih feminin. Dengan memilih warna-warna yang lebih lembut seperti warna-warna pastel misalnya. Sementara untuk target pasar laki-laki, memakai warna-warna netral atau warna solid akan lebih baik dan menarik bagi mereka.

3. Buat tulisan yang singkat dan jelas di kemasan

Tips lainnya soal bagaimana cara mendesain kemasan produk agar menarik adalah dengan memerhatikan tulisan yang akan ditaruh di kemasan. Seperti kemasan lain pada umumnya, pasti memuat beberapa informasi produk pada kemasan.

Informasi produk ini tentunya harus benar-benar disaring. Usahakan agar memuat tulisan yang singkat dan jelas pada kemasan.

Baca juga: 7 Cara Branding Produk untuk UMKM, Pemula Wajib Tahu!

Contoh untuk kemasan makanan jadi siap konsumsi, alih-alih menjabarkan seluruh komposisi makanan di kemasan, informasinya bisa dikurangi. Cukup nama merek serta nama menunya.

Jika ingin menambahkan keterangan lain, tambahkan informasi yang krusial saja. Seperti informasi “halal” atau informasi soal suhu tubuh koki yang mempersiapkan produk makanan tersebut.

4. Buat kemasannya mudah dibuka dan dibawa

Ada pertanyaan lain juga, bagaimana cara mendesain kemasan produk agar menarik namun tetap fungsional? Fungsional di sini maksudnya bisa menjaga produk di dalam kemasan dengan aman, serta mudah dibawa dan dibuka pembeli.

Dengan kata lain, desain kemasannya pun sebaiknya tidak menyulitkan konsumen yang hendak mengkonsumsi produk tersebut.

Ini artinya Anda harus menyesuaikan antara dua hal. Pertama, jenis produk yang akan dikemas. Apakah produknya mudah rusak atau pecah misalnya, serta ukurannya juga harus dipertimbangkan.

Kedua, minat konsumen itu sendiri. Dua informasi ini akan membantu Anda memilih desain kemasan yang paling sesuai.

5. Pilih bahan yang pas dengan jenis produk

Tidak semua bahan cocok digunakan untuk mengemas suatu produk. Contoh bahan styrofoam biasa tidak bisa dipakai membungkus cairan atau makanan berkuah karena berpotensi merembes atau bocor.

Sama halnya dengan beberapa jenis produk lainnya. Jadi, tidak hanya desain, Anda juga harus meluangkan waktu untuk memilih bahan yang tepat.

Salah satu jenis bahan kemasan yang sangat disarankan sekarang adalah packaging makanan yang ramah lingkungan. Tujuannya jelas untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan, termasuk mengurangi limbah kemasan itu sendiri.

Kemasan ramah lingkungan juga menjadi daya tarik bagi sebagian besar konsumen sekarang karena menunjukkan citra baik dari produk dan usaha Anda.

6. Contoh kemasan produk makanan yang menarik 

Untuk menambah inspirasi ide kemasan, Anda bisa mencari beberapa desain jadi di internet. Terutama beberapa kemasan produk makanan yang tidak hanya menarik, tetapi juga aman menjaga makanan Anda. Mulai dari yang kemasannya sederhana sampai yang sangat unik dan mudah dikenali.

Salah satu contoh kemasan produk makanan yang mudah dikenali adalah produk makanan AyamAyaman. Kemasannya dibuat semarak dengan motif dan corak warna cerah. Lengkap dengan ilustrasi ayam di bagian atas penutup kemasannya. Kelihatan jelas kalau sang pemilik memberi perhatian ekstra untuk mendesain kemasan mereka.

Sebaliknya, contoh kemasan produk makanan yang sederhana namun tetap khas adalah dari Rumah Naskoen. Box makanannya yang terbuat dari kertas tebal itu didesain dengan warna hitam. Lalu, tulisan dan desainnya minimalis, dibuat selaras dengan warna kuning. Tidak terlalu ramai dan terlihat berkelas. Rumah Naskoen juga beberapa kali hadir dengan kemasan yang berbeda mengikuti tren pasar.

Masih ada banyak inspirasi bagaimana cara mendesain kemasan produk agar menarik yang bisa Anda ketahui. Dari mana mendapatkannya? Salah satunya adalah dengan daftar KOMPAG atau Komunitas Partner GoFood.

Yuk, bergabung bersama pemilik makanan lainnya dan dapatkan wawasan lebih banyak. Bukan hanya soal kemasan, melainkan juga soal meningkatkan usaha makanan yang dijalani. Yuk, gabung sekarang!

Daftar-Komunitas-Partner-GoFood-KOMPAG-1

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya