GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

10 Manfaat Aplikasi Kasir Online bagi Kemajuan Bisnis

10 Manfaat Aplikasi Kasir Online bagi Kemajuan Bisnis – Perkembangan teknologi kini memungkinkan para pengusaha untuk memiliki sebuah sistem yang memudahkan operasional usaha mereka. Sistem tersebut dikenal dengan Point of Sale (POS) atau aplikasi kasir online.

Aplikasi kasir online adalah sebuah sistem yang dapat membantu untuk mengelola dan mengembangkan usaha Anda. Aplikasi ini umumnya digunakan oleh usaha kuliner, tapi kini sudah banyak dimanfaatkan oleh usaha jenis lain. Dengan adanya aplikasi ini pemilik dapat menjalankan usaha mereka dengan lebih efisien.

Dapat digunakan dari rumah atau tempat lainnya, dengan memanfaatkan jaringan internet yang memungkinkan Anda untuk memantau usaha dari mana saja.

Dengan aplikasi yang memiliki fitur pencatatan penjualan secara otomatis semacam ini, Anda dapat mencatat seluruh transaksi penjualan yang dilakukan sebelumnya, termasuk juga jumlah ketersediaan stok barang di toko.

Saat ini, aplikasi kasir online hadir dalam berbagai bentuk dan jenis. Setiap jenis memiliki keunggulannya masing-masing, yang kini sudah berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

Bahkan, saat ini, Anda bisa menggunakan satu aplikasi atau perangkat yang memiliki berbagai macam fitur.

Aplikasi Kasir Toko untuk Memulai Usaha

pemilik toko - aplikasi kasir toko

Peran aplikasi kasir toko dalam suatu usaha memang sangat penting. Jika mesin kasir manual sebelumnya hanya bisa digunakan untuk menerima transaksi jual beli, aplikasi ini memiliki beragam fitur tambahan.

Kini bisa digunakan untuk mencatat jumlah ketersediaan stok bahan baku, jenis barang yang dimiliki, harga tiap barang yang dijual, bahkan hingga produk apa yang paling laris.

Laporan penjualan aplikasi kasir GoBiz

Bahkan, aplikasi kasir toko yang dilengkapi dengan perangkat kini sudah bisa digunakan untuk mencetak struk dan juga menerima pembayaran kartu debit/kredit

Perangkat kasir yang bisa mencetak struk ini tentu sangat memudahkan Anda untuk memberikan nota penjualan kepada pelanggan. Terlebih lagi, perangkat ini membutuhkan biaya sangat terjangkau sehingga bisnis kelas menengah ke bawah pun bisa menggunakannya.

Aplikasi kasir toko sangat membantu para pelaku usaha yang memiliki usaha apa pun jenisnya, apakah usaha mikro ataupun menengah. Contohnya usaha kuliner seperti resto dan kedai kopi, atau usaha retail, seperti barbershop, salon, hingga laundry.


8 Manfaat Aplikasi Kasir Online untuk Usaha

Cara menata meja kasir

Bagi pemilik usaha, kehadiran aplikasi kasir online sangat membantu proses operasional usaha setiap harinya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan sehingga Anda bisa langsung belajar cara mengoperasikannya. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi kasir online.

1. Aplikasi kasir online dapat mengelola bisnis dari mana dan kapan saja

Sebagai pemilik dari usaha yang dijalankan, tentu saja Anda ingin untuk selalu dapat memantau usaha tersebut. Sementara, mungkin Anda memiliki kesibukan lain yang mengharuskan Anda untuk bepergian dalam waktu lama. Tentu saja Anda tidak bisa mengelola usaha Anda sendiri bukan?

Laporan penjualan - aplikasi kasir GoBiz
Laporan penjualan aplikasi kasir GoBiz

Di sinilah peran aplikasi kasir online, yaitu menghubungkan pemilik usaha dengan usahanya, di mana pun berada.

Dengan fitur lengkap yang dimiliki aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan laporan penjualan, jumlah ketersediaan barang yang ada di toko, dan juga informasi pendapatan harian. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan penjualan di usaha Anda. 

2. Aplikasi kasir online dapat mengurangi kesalahan transaksi

Melakukan transaksi dengan sistem kasir tradisional atau secara manual dapat meningkatkan risiko kesalahan hitung. Hal ini tentu saja akan merugikan sebuah usaha sebab Anda tidak bisa mengecek kembali transaksi yang sudah dilakukan.

Sedangkan, dengan menggunakan aplikasi kasir online, Anda bisa mengecek kembali produk atau item apa yang dijual dan pembayaran yang diterima. Dengan begitu, kesalahan transaksi penjualan pun dapat dihindari. 

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya