GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Apa Itu UMKM? dan 10 Contoh Peluang Usahanya

6. Agrobisnis

Sebagai negara agraris, Indonesia cocok menjadi tempat untuk mendirikan dan mengembangkan UMKM di bidang agrobisnis. Tidak hanya pertanian, Anda juga bisa memilih untuk menekuni sektor perkebunan atau peternakan. 

Beberapa contoh yang dapat dihasilkan dari usaha agrobisnis adalah sayuran, buah-buahan, hingga hasil peternakan seperti telur dan daging.

UMKM agrobisnis cukup menjanjikan karena pangsa pasarnya yang cukup besar. Pasalnya, hampir setiap orang pasti membutuhkan produk-produk agrobisnis tersebut. 

Apabila memiliki tanah yang tidak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya untuk lahan agrobisnis.

7. Jasa foto dan video

Hampir mirip seperti MUA, saat ini jasa foto dan video juga banyak dibutuhkan untuk keperluan berbagai momen. Mulai dari ulang tahun, wisuda, hingga pernikahan. 

Penyedia jasa foto dan video biasanya menawarkan sejumlah paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan preferensi konsumen. Menariknya, setiap fotografer atau videografer memiliki ciri khas masing-masing. 

Jadi, bagi yang punya skill fotografi, tidak ada salahnya menekuni aktivitas tersebut dan mengembangkannya menjadi usaha.

8. Berjualan Buku

Selain fotografi, sektor buku juga bisa menjadi ladang usaha yang cukup menarik untuk ditekuni. Cocok untuk Anda yang memang gemar membaca buku, atau istilahnya, book-a-holic. 

UMKM buku bisa dilakukan dengan membuka toko fisik atau toko online. Bisa juga dua-duanya. Namun, perlu diingat bahwa toko fisik biasanya membutuhkan modal lebih besar mengingat Anda harus menyiapkan biaya gedung. 

Agar bisa berkompetisi dengan toko-toko buku lainnya, hadirkan sesuatu yang beda pada UMKM buku Anda. Banyak cara yang bisa dilakukan. 

Misalnya, hanya menjual buku-buku yang ditulis oleh penulis wanita. Atau Anda bisa juga memberikan bonus berupa pembatas buku setiap pembelian berjumlah tertentu.

9. Akomodasi penginapan

Traveling sepertinya sudah menjadi bagian erat dari gaya hidup modern. Artinya, kebutuhan akan penginapan pun meningkat. 

Di sinilah muncul peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan, yaitu dengan menyediakan akomodasi penginapan. 

Mungkin memang modalnya cukup tinggi jika Anda harus membangun atau membeli gedung untuk dikelola sebagai hotel, hostel, atau guest house. 

Namun, jika Anda memiliki satu kamar kosong saja, Anda bisa menyewakannya melalui aplikasi home sharing seperti AirBnB.

10. Bisnis perlengkapan bayi

Tahukah Anda bahwa berdasarkan hasil riset Sigma Research Indonesia, perlengkapan bayi di UMKM adalah sektor usaha yang dapat mencapai nilai Rp88,1 triliun pada 2017 lalu? Artinya memang perlengkapan bayi merupakan sektor UMKM yang cukup menjanjikan. 

Banyak jenis usaha yang bisa Anda geluti, mulai dari menjual perlengkapan bayi dengan menyetok sendiri, menjadi reseller, dropshipper, atau menyewakan perlengkapan bayi.

Lebih dari sekadar usaha kecil-kecilan, UMKM adalah suatu peluang kesuksesan yang bisa diraih jika Anda bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. 

Terlebih, ada begitu banyak jenis usaha yang bisa Anda pilih sesuai keinginan atau preferensi. 

Dengan menggeluti UMKM, Anda tak hanya akan mendapatkan penghasilan, tapi juga ikut berpartisipasi dalam mendukung perekonomian nasional. 

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda – Ketika membaca soal “laporan selengkapnya

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini! – Marhaban ya selengkapnya