GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Apa Itu IUMK dan Cara Daftar IUMK Online

Apa Itu IUMK dan Cara Daftar IUMK Online – Sebagai pemilik usaha, Anda tidak hanya perlu fokus terhadap target penjualan, Anda juga harus memperhatikan pentingnya mendapat perlindungan hukum terhadap usaha yang dijalankan.

Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK adalah salah satu cara mendapatkan perlindungan hukum yang Anda butuhkan. Penasaran dengan pengertian IUMK dan apa pentingnya untuk usaha Anda? Mari simak informasi lengkapnya di bawah ini!


Apa Itu IUMK?

Mungkin sedari tadi Anda bertanya-tanya apa itu IUMK. IUMK adalah izin yang diterbitkan oleh Lembaga OSS (Online Single Submission) untuk Usaha Mikro dan Usaha Kecil.

Tujuan dari adanya IUMK adalah untuk memberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi para pelaku Usaha Mikro dan Kecil untuk melakukan pengembangan terhadap usahanya.

Adapun Usaha Mikro dan Kecil yang dimaksud merupakan usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha perorangan yang telah memenuhi kriteria yang diatur dalam UU No.20/2008.

Jika telah memiliki IUMK, izin tersebut berlaku selama Anda menjalankan usaha sesuai ketentuan yang dituliskan dalam peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Industri Makanan Skala Rumahan, Wajib Tahu Soal PIRT


Manfaat Memiliki IUMK

Jangan salah kira, kepemilikan IUMK sebenarnya mendatangkan banyak manfaat bagi pengusaha. Jadi, sepatutnya Anda tidak malas apalagi menunda pengajuan IUMK ini. Ada beberapa manfaat IUMK bagi pelaku usaha, 5 di antaranya adalah sebagai berikut

1. Memperoleh Perlindungan Hukum

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) membutuhkan perlindungan hukum dari pemerintah, dan IUMK adalah bentuk perlindungan hukum yang dikhususkan bagi pengusaha kecil.

Usaha yang memiliki IUMK akan memperoleh perlindungan hukum karena usaha yang dijalankan mempunyai legalitas dari pemerintah. Usaha Anda pun dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

2. Membuka peluang kerja sama lebih besar

Dibanding usaha yang tidak memiliki izin, usaha yang memiliki IUMK sudah pasti dimudahkan dalam menjalin kerja sama. Anda yang menjalankan usaha dengan mengantongi IUMK akan lebih mudah menjalin kerja sama karena adanya rasa aman dan kepercayaan.

Kerja sama untuk mengembangan usaha dan menambah jenis produk pun jadi lebih mudah.

3. Melindungi lokasi usaha

Selalu ada masalah tak terduga yang mungkin terjadi apabila Anda tidak mendapatkan perlindungan hukum menjalankan usaha lewat IUMK. Jika memiliki izin ini, Anda akan memperoleh jaminan hukum, keamanan, dan perlindungan lokasi usaha yang Anda butuhkan sesuai yang tertulis dalam dokumen.

4. Membuka akses permodalan

Dalam mengembangkan usaha, Anda membutuhkan akses permodalan yang besar. Memiliki IUMK dapat memberikan manfaat ini karena dalam upaya mendapatkan akses permodalan, Anda membutuhkan IUMK sebagai salah satu persyaratan.

Dengan kata lain, IUMK mampu mempermudah akses pembiayaan terhadap para pelaku usaha. Anda dapat mengajukan pinjaman modal di lembaga keuangan bank maupun non bank dengan mudah.

5. Mendapat pendampingan usaha

Anda membutuhkan pendampingan usaha dari pemerintah untuk memperluas peluang usaha dan memanfaatkannya dengan maksimal.

Lewat pendampingan usaha yang Anda peroleh melalui IUMK, akan lebih mudah memberdayakan masyarakat sekitar untuk membuat usaha Anda berkembang lebih pesat. Pendampingan usaha dari pemerintah ini hanya mungkin Anda dapatkan jika usaha Anda telah memiliki IUMK.


Cara Daftar IUMK Online dan Offline

pemilik usaha muda menggunakan laptop untuk bekerja - cara daftar iumk online

Perlu Anda ketahui, semua proses mengajukan IUMK tidak membutuhkan biaya alias gratis. Jika dipaksa membayar atau menemukan penyelewengan, laporkan lewat email ke Ombudsman RI atau Lembaga OSS Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Secara singkat, cara mendapatkan IUMK adalah sebagai berikut:

1. Mendatangi Langsung Kantor Kecamatan

Pengajuan izin langsung ke kantor kecamatan bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi kantor kecamatan terdekat.
  • Isi formulir yang disediakan.
  • Bawa semua dokumen yang dibutuhkan.
  • Jika formulir sudah lengkap dan semua dokumen sudah disiapkan, izin IUMK akan dikeluarkan oleh pihak kecamatan.

2. Mengajukan permohonan izin online

Pengajuan izin online bisa Anda lakukan dalam beberapa tahap mudah, dimulai dari:

  • Membuat akun di laman https://www.oss.go.id/oss/.
  • Periksa email dan verifikasi akun.
  • Lanjut proses pendaftaran dengan mengisi formulir sesuai dokumen.
  • Ikuti langkah-langkah yang tersedia hingga memperoleh Nomor Izin Berusaha (NIB) dan IUMK.

Nah, itulah tadi informasi tentang IUMK dan pentingnya untuk usaha Anda. Jika Anda ingin menjalankan usaha dengan lebih lancar, Anda juga bisa menggunakan GoBiz yang dapat menjawab semua kebutuhan usaha.

GoBiz adalah Super App dari Gojek yang siap mengembangkan usaha dengan layanan pengelolaan pesan antar makanan di GoFood, layanan penerimaan pembayaran nontunai dengan GoPay, juga pencatatan transaksi secara otomatis dengan GoKasir.

Semua proses penting seperti pencatatan pesanan, pembayaran, hingga mendatangkan pelanggan bisa Anda lakukan dengan lancar dan nyaman menggunakan aplikasi GoBiz.  Yuk, coba GoBiz sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya