GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Afiliasi adalah Program Bantu Jual yang Menguntungkan, Ini Cara Kerjanya!

Afiliasi adalah tren marketing yang lagi terkenal saat ini. Dunia digital saat ini tidak hanya menjadi sarana perputaran informasi, namun juga sebagai media mempertemukan pembeli dengan penjual. Oleh karenanya, praktik digital marketing menjadi umum di kalangan pebisnis, terutama mereka yang ingin memperluas pasar. Ada banyak metode digital marketing yang dimanfaatkan pebisnis untuk memperluas pasar mereka. Salah satunya adalah dengan affiliate marketing.

Afiliasi adalah teknik marketing yang saat ini menjadi tren di kalangan pebisnis digital. Bahkan, sadar atau tidak, sebuah bisnis pasti terlibat dengan kegiatan afiliasi. Meski sempat mendapatkan stigma negatif akibat oknum afiliator serakah, strategi ini tetap punya efek yang besar bagi kemajuan bisnis. Apa itu afiliasi dan bagaimana penerapannya dalam sebuah bisnis? Berikut penjelasan selengkapnya!


Definisi Afiliasi

Secara umum, afiliasi adalah salah satu teknik marketing dalam bentuk kerja sama pemilik usaha dengan orang lain dengan tujuan melakukan ekspansi bisnis.

Kerja sama ini harus dapat memberi manfaat terhadap kedua belah pihak. Ketika ada salah satu pihak yang tidak memperoleh keuntungan, meski tidak rugi, maka tidak ada salahnya bagi salah satu dari pihak yang berafiliasi untuk keluar dari perjanjian kerja sama.

Kerja sama dalam bentuk afiliasi biasanya dalam bentuk jasa promosi. Dalam bidang ritel, kerja sama bisnis dapat dalam bentuk penjualan produk atau jasa dengan imbalan komisi. Ketika afiliator (sebutan individu yang bekerja sama dengan pebisnis dalam afiliasi) sukses menjual produk atau jasa yang dimiliki pebisnis, maka bisnis akan memberikan komisi sesuai dengan jumlah yang disepakati. Umumnya, besaran komisi dihitung dari jumlah persentase transaksi yang terjadi.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Anak Kuliah


Cara Kerja Afiliasi

bisnis online tanpa modal - afiliasi adalah
(Image source: Freepik)

Afiliator yang ingin bergabung dalam program kerja sama ini tidak harus memiliki produk untuk jualan. Yang penting, afiliator harus punya wadah untuk mempromosikan produk yang dimiliki pebisnis. Ketika ada produk yang terjual berkat kerja sama bisnis, maka pebisnis wajib memberikan komisi.

Afiliasi adalah program kerja sama yang sederhana seperti cara daftar GoFood. Cara kerjanya pun tidak sulit. Pertama, afiliator harus daftar program untuk mendapatkan kode referal unik yang berbeda untuk setiap orang. Afiliator menggunakan kode itu sebagai penanda bahwa konsumen membeli produk atau jasa dari afiliator tersebut.

Kemudian, afiliator mempromosikan produk atau jasa melalui blog, forum, atau media sosial. Calon konsumen dapat menggunakan kode referal tersebut untuk membeli produk atau jasa. Ketika berhasil melakukan transaksi, maka bisnis wajib membayarkan komisi kepada afiliator.


Keuntungan Afiliasi

Afiliasi adalah praktik marketing yang memiliki sejumlah keunggulan, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Bisa kerja dari rumah

Afiliator tidak perlu mengunjungi pebisnis atau pemilik usaha. Mereka dapat melakukan promosi dari rumah hanya dengan menyematkan kode referal dalam konten promosi mereka, baik di blog maupun media sosial.

2. Tak banyak modal

Menjadi afiliator tidak perlu banyak modal. Afiliator hanya perlu perangkat yang tersambung dengan internet, baik itu menggunakan laptop atau bahkan smartphone. Media yang digunakan juga bisa dimulai dari forum online hingga media sosial yang tidak perlu biaya untuk mendaftar.

3. Fleksibel

Seperti yang telah tertulis di atas, pihak-pihak yang berafiliasi bisa saja meninggalkan kerja sama ketika afiliasi tidak menguntungkan. Tidak ada kewajiban untuk tetap berafiliasi sehingga setiap proyek bisa dilakukan secara fleksibel.

Baca juga: 6 Cara Jualan Pulsa di Rumah, Mudah dan Minim Modal


Contoh Afiliasi: Program Afiliasi Tokopedia

Afiliasi adalah
(Image source: Freepik)

Salah satu platform yang memiliki program afiliasi adalah Tokopedia. Program kerja sama promosi dari Tokopedia memungkinkan terjadinya kerja sama dalam bentuk kerja sama dari pebisnis kepada para content creator.

Dengan banyaknya eksposur yang dimiliki oleh content creator, pebisnis dapat menjangkau target market mereka dengan mudah. Di sisi lain, content creator juga diuntungkan dengan komisi yang mereka terima ketika terjadi transaksi menggunakan kode referal yang sudah tersedia.

Uniknya, Tokopedia menyediakan akses pada content creator untuk mengikuti pelatihan keterampilan sehingga konten yang mereka ciptakan dapat lebih berkualitas dan menarik pembeli. Dengan begitu, keuntungan bagi content creator tidak hanya terbatas pada komisi, tetapi juga keterampilan baru.


Afiliasi adalah salah satu strategi marketing untuk dukung usaha Anda, termasuk usaha kuliner. Namun, jangan cuma mengandalkan satu hal untuk mengembangkan bisnis. Dukung pula dengan pemanfaatan teknologi seperti GoBiz, aplikasi dari Gojek yang bisa menyediakan berbagai metode pembayaran, bantu catat pesanan, dan masih banyak lagi. Ketahui cara daftar GoBiz untuk bisa segera merasakan berbagai keuntungan tersebut!

aplikasi UMKM

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Resume adalah: Pengertian, Tips Membuat, dan Contohnya

Resume adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Ketika Anda selengkapnya

15 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha, Sudah Tahu?

15 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha – Memulai usaha selengkapnya