GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Tips Sukses Jadi Pebisnis UMKM

Baru merintis bisnis UMKM? Tentu ada banyak hal yang perlu dipelajari terkait strategi pemasaran efektif hingga manajemen keuangan yang tepat. Kedua pengetahuan tersebut sangat dibutuhkan untuk mendukung bisnis UMKM-mu agar dapat berkembang pesat. Meskipun setiap bisnis akan memiliki tantangan yang berbeda-beda, beberapa tips jadi pebisnis UMKM sukses ini layak untuk dipertimbangkan. Siap menjadi pebisnis yang meraup untung maksimal di masa mendatang? Ayo simak tips-tips berikut ini.

Mencari rekan bisnis yang tepat

Langkah awal yang bisa dilakukan oleh pebisnis UMKM agar bisa sukses, yaitu dengan mencari rekan bisnis yang tepat. Hal ini dikarenakan kamu membutuhkan bantuan ide, dana, dan masukkan dari rekan bisnis. Kamu dapat mencari rekan bisnis dengan memberikan penawaran kepada orang-orang terdekat atau melalui forum diskusi.

Setelah memiliki rekan bisnis yang tepat, resiko kerugian secara finansial dapat dicegah dengan baik. Di sisi lain, ketika bisnis UMKM tidak berjalan sesuai rencana, maka rekan bisnis dapat dijadikan sebagai pihak yang akan diajak untuk bertukar ide dan menemukan jalan keluar terbaik atas permasalahan yang sedang dihadapi.

Merekrut karyawan secara profesional

Selain mencari rekan bisnis, untuk menjadi pebisnis UMKM yang sukses, kamu juga membutuhkan proses rekrutmen karyawan secara profesional. Pastikan kamu menyelesaikan seluruh proses rekrutmen dengan bijaksana dan tidak tergesa-gesa. Cara ini penting dilakukan untuk bisa mendapatkan karyawan yang berkualitas dan dapat bekerja secara profesional.

Lebih dari itu, tidak hanya keahlian yang menjadi fokus penilaian, tapi juga kepribadian dari karyawan tersebut. Dengan demikian, kamu dapat bekerja sama dengan baik bersama seluruh karyawan-mu setelah direkrut. Target-target yang telah ditetapkan pun dapat dicapai dengan mudah.

Lakukan riset pasar secara berkala

Selanjutnya, yang tidak kalah penting dilakukan oleh seorang pebisnis UMKM adalah riset pasar secara berkala. Melalui langkah ini kamu dapat mengetahui siapa saja yang menjadi kompetitor dan apa yang harus dilakukan untuk memenangkan persaingan pasar. Di sisi lain, pebisnis UMKM juga bisa mengamati perilaku konsumtif dan tren yang sedang berkembang di kalangan masyarakat. Dengan begitu, produk dan strategi pemasaran yang ditetapkan dapat menjangkau pelanggan tepat sasaran.

Ingat untuk menyusun dengan rapi pencapaian-pencapaian yang sudah berhasil diraih selama ini. Tujuannya agar kamu bisa membandingkan hasil dan data pencapaian tersebut dengan kondisi terkini di lapangan, sehingga dapat melakukan evaluasi lebih optimal.

Selalu bersikap realistis

Perlu diketahui, banyak hal-hal di dalam bisnis yang akan terjadi diluar rencana dan dugaan kamu sebelumnya. Oleh karena itu, untuk bisa bertahan kamu harus mampu menjadi pribadi yang realistis. Kembangkan ide dan gagasan dengan mempertimbangkan berbagai resiko yang mungkin ditimbulkan dari keputusan yang telah dibuat. Dengan bersikap realistis, kamu akan menjadi lebih siap dengan segala tantangan dalam merintis UMKM.

Menjadi sosok pebisnis yang realistis juga dapat mencegah kamu bersikap impulsif atau tergesa-gesa dalam membuat keputusan. Dengan berpikir secara logis, maka kamu bisa bersikap secara bijaksana sehingga kerugian finansial maupun non-finansial dapat dihindari. UMKM-mu pun juga dapat berkembang lebih pesat.

Manfaatkan perkembangan teknologi

Seiring perkembangan teknologi digital, sudah seharusnya sebagai pebisnis UMKM kamu harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Tidak hanya menawarkan kecepatan dan ketepatan dalam menyimpan data-data transaksi, teknologi baru saat ini bahkan akan memudahkan kamu dalam memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan.

Termasuk ketika kamu menggunakan aplikasi GoBiz untuk mendukung kelancaran UMKM. Aplikasi ini memungkinkan bisnis kamu mengelola operasional bisnismu dengan satu super app yang telah teritergrasi dengan pesanan GoFood dan pembayaran GoPay.

Setelah mempelajari tips menjadi pebisnis UMKM sukses, sekarang kamu bisa menerapkannya dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil mencapai target UMKM yang dicita-citakan!


Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] A: Amankan Data Usaha & Data Pribadi

Kang Tipu memiliki seribu satu cara magis (manipulasi psikologis) untuk memakan selengkapnya

30 Peluang Usaha Menguntungkan & Modal Kecil

Tahun 2020 bisa jadi momentum untuk Anda memulai usaha sendiri. Dengan hadirnya berbagai selengkapnya